Makam Ulama Besar Tgk Syekh Abdussalam di Pasi Ie Leubeue

Makam Tgk Syik di Pasi
Makam Tgk Syehk Abdussalam di Gampong Pasi Ie Leubeue.  Foto : Tgk Harun

Makam Tgk Syik di Pasi (Syekh Abdussalam) terletak di Gampong Pasi Ie Leubeue, Kecamatan Kembang Tanjong, Kabupaten Pidie.

Makam Aulia ini sering dikunjungi setiap harinya. Pengunjung yang datang dari berbagai daerah, terutama untuk berziarah maupun berhajatan.

Adapun Makam Tgk Syik di Pasi ini telah dinobatkan sebagai tempat wisata religi oleh Dinas Pariwisata Aceh. Dengan demikian objek ini patut dikunjungi sebagai lokasi edukasi sejarah Islam.

Berbagai situs penting yang terdapat di Makam Tgk Syik di Pasi menjadi sumber ilmu pengetahuan terutama sekali tentang peradaban Aceh tempo doeloe.

Makam ini menyimpan berbagai cerita lagenda. Letaknya di bagian paling barat Gampong Pasi Ie Leubeue. Dengan sebuah bangunan makam, mushalla, serta berbagai fasilitas lainnya.

Setiap hari Senin Kamis, warga serta pendatang dapat menikmati Kenduri. Biasanya tersedia kenduri ketan, gulai kambing dan berbagai kegiatan spiritual lainnya.

Sudah menjadi tradisi penting bagi warga Makam ini dilestarikan. Dan dipercaya sebagai makam keramat. Tak ayal, bahwa makam Tgk Syik akan terus mewarisi berbagai cerita penting bai generasi muda Aceh.

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pasi Ie Leubeue, Jangan lewati untuk singgah di Maka Tgk Syik di Pasi ini.*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel